Sabtu, 12 Maret 2016

Review Novel Jomblo Guidebook Karya Edho Zell dan VJ Heru

Penulis: Edho Zell & VJ Heru
Tebal: 204 halaman
Terbit: 11 Agustus 2015
Penerbit: Loveable
Harga: Rp. 49.900
                                                                                ***
Gue Edho Zell, salah satu YouTubers. Seperti yang gue bilang, gue bilang video pertama gue di YouTube itu 4 tahun silam, pas gue masih perjaka. Sekarang, gue udah nggak perjaka, tapi perawan. Buat kalian semua para subscribers akun YouTube gue, buku ini bentuk lain dari karya-karya gue di YouTube. Buat kalian yang nggak tau siapa gue, invite aja pin BBM gue, terutama cewek, ya! Soalnya gue jomblo #Eaaaa....
---
"Bro, tolong dong HP gue di tas" | "Nih" | "Dompet gue?" | "Nih" | "Pacar gue?" | "Lah? Lu kan JOM-BLO" Kemudian nangis...
---
"Kak, bantuin PR Bahasa Inggris aku!" | "Mana? Sini!" | "Nih, kalau I don't have artinya apa?" | "Aku tidak punya." | "Kalau girlfriend?" | "Pacar." | "Kalau I don't have girlfriend?" | "Gampang... artinya, Aku tidak punya... PACAR..." Langsung sedih :'(
---
Nyesek itu, pas lo dapet angpao dari sodara lo, isinya, "Maaf, Anda belum beruntung."
Lebih nyesek lo beli voucher pulsa 100 ribu, pas lo gosok, isinya,  "Coba lagi!"
---
Intinya, ini buku pegangan para jomblo, bukan buat dibaca, buat dipegang aja biar orang tau lo jomblo... Siapa tau apa yang nyangkut. Bagi yang nggak punya kuota buat buka YouTube, tinggal baca aja buku ini! "Dijamin ngakak." Semoga!
                                                                             ***

Saya membeli buku ini melalui PO bulan Agustus lalu, dengan buku Magic Hour (review di sini) dan juga Doriyaki (review di sini). Melihat adanya promosi besar-besaran dari pihak penerbit dan juga Edho Zell di beberapa media sosial, saya berniat untuk membelinya. Lagipula, kapan lagi saya bisa mendapatkan tanda tangan Edho Zell di buku perdananya? (Saya tidak sempat ikut book launch-nya)

Buku ini mungkin kelihatannya tebal, tapi sebenarnya tidak. Buku ini dipenuhi ilustrasi dan juga penuh warna kuning dan biru. Melihat ilustrasi Ko Edho di dalam buku ini, dia jadi kelihatan imut dan lucu, jadi gimana gitu.

Buku ini cepat untuk dibaca banyak orang dan dapat dibaca segala usia, mungkin lebih dari umur remaja sampai para lansia. Buku ini tentunya akan laku keras di mata para fans dan juga subscribers YouTube Ko Edho yang sebentar lagi akan mencapai 600K. Ganbatte!

Buku yang menurut saya full colour ini mudah dibaca dan cepat sekali untuk dihabiskan. Saya hanya membutuhkan sekitar 1-2 jam untuk menyelesaikan buku ini. Menurut saya, moto buku ini adalah bisa dibawa ke mana-mana, karena praktis dan bisa masuk dalam tas. Selain itu, menurut saya buku ini bisa menjadi terapi untuk anti-stres karena humor yang ada di dalamnya.

Hanya saja karena banyaknya ilustrasi, saya merasa bahwa buku ini mengambil peran dalam pemanasan global. Kenapa? Karena banyaknya ilustrasi yang "memakan" banyak bagian dalam satu halaman bisa menjadikan suatu topik berhalaman. Padahal kalau ini dijadikan novel "sesungguhnya", mungkin tidak akan mencapai lebih dari 150 halaman, tapi di situlah letak "seni" buku ini. Jika tidak ada ilustrasinya, kemungkinan buku ini akan menjadi lebih garing, karena walaupun masih ada ilustrasinya, ada beberapa lelucon yang menurut saya garing.

Buku ini tidak memiliki salah apapun ketika dilahirkan, sehingga para pembaca bisa menikmati lelucon yang disajikan di dalam buku ini. Ini menjadi must-have item untuk para vroh dan sistah dari keluarga Ko Edho yang besar.

P.S. Saya percaya pembaca resensi ini mayoritasnya..


JOMBLO. #salamsingle

3.5 stars out of 5 for this book. 

1 komentar: